Minggu, 29 Januari 2012

PROGRAM SAMISAKE MENUJU JAMBI EMAS 2015

                                                           
JAMBI
- Dalam kurun waktu 2010-2015 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sejalan dengan tahapan kedua dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025, maka visi pembangunan yang tertuang dalam dokumen RPJMD Jambi itu adalah Jambi yang ekonominya maju, aman, adil dan sejahtera atau disingkat dengan Jambi Emas.



Sebagai upaya percepatan menuju Jambi Emas, maka program Samisake (Satu Miliar Satu Kecamatan) diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mencapai visi dan misi yang ditetapkan.  Program Samisake sendiri dilaksanakan untuk mengurangi disparitas pembangunan antar wilayah dalam Provinsi Jambi, sebagian penduduk miskin berada diwilayah pedesaan, keterbatasan kemampuan fiskal kabupaten/kota dalam membiayai pembangunan.

Hal ini dikatakan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) saat membuka Rapat Koordinasi(Rakor) Camat Se-Provinsi Jambi Triwulan II Tahun 2011, Kamis (08/09) di Aula Mayang Mangurai Kantor Bappeda Provinsi Jambi.  Menurut gubernur, kondisi riil di lapangan, masih terdapat rakyat miskin tidak mempunyai tempat tinggal sehat, kesulitan membiayai pendidikan dan kesehatan serta pendapatan yang masih rendah disebabkan kurangnya modal.

“Oleh karenanya, program Samisake ini merupakan tindakan nyata yang kita lakukan kepada lapisan masyarakat miskin paling bawah dalam rangka meningkatkan harkat, martabat dan status sosial mereka,” jelas gubernur. Ditambahkan HBA, program Samisake merupakan program terintegrasi dengan fokus sasarannya adalah keluarga sangat miskin (Cluster l), dengan kegiatan pada tahun 2011 ini adalah Bedah Rumah.

“Pada tahun 2011 ini, juga telah dilaksanakan kegiatan dalam program Samisake yaitu, jaminan kesehatan, bea siswa, sertifikasi rumah hasil bedah rumah, pemberian bantuan modal usaha bagi UMKM. Dalam rangka meningkatkan kebersihan, juga diberikan bantuan dump truck 8 unit dan kendaraan roda tigas,” terangnya.

2 komentar: